HARUSKAH DOUBLE CLEANSING?



Saya sebenarnya sudah mengenal double cleansing sejak SMP. Berawal dari munculnya whitehead di area dahi dan komedo di hidung yang cukup buat saya jadi bahan bully teman-teman. Mama yang taHu kondisi muka saya mulai mengenalkan produk pembersih seperti milk cleanser dan toner. Saya pun diajari proses membersihkan wajah dengan milk cleanser-facial foam-toner. Efeknya langsung terlihat selama satu bulan, kulit saya memang jadi lebih bersih.  

Memang sepenting apa double cleansing itu?


Aktivitas double cleansing ini tidak lantas jadi kebiasaan, masih suka on off gitu. Maklum masih ababil. Ditambah belum kenal sunscreen dan makeup juga. Masih dimaafkanlah. Tapi yang jelas, Papa dan Mama selalu rewel buat ingetin saya untuk cuci muka minimal pake facial foam sebelum tidur. Seakan terdikte, rewelnya ingetin cuci muka sebelum tidur ini saya terapkan ke suami.

Setelah menikah, saya mulai sedikit memperhatikan penampilan. Bawaannya seneng banget jadi silent reader di forum Female daily. Dari FD, saya kembali diingatkan istilah double cleansing.

Apa itu double cleansing?


Pada dasarnya, double cleansing itu membersihkan wajah sebanyak 2 kali (atau 2 langkah). Pembersih pertama atau first cleanser biasanya berupa oil, balm atau milk. Fungsi first cleanser untuk mengangkat makeup, minyak dan kotoran yang ada di kulit kita. 

Sebelumnya saya selalu menggunakan milk cleanser dari viva dan hampir semua varian sudah saya coba. 

2 bulan terakhir ini saya penasaran banget sama yang model cleansing balm dan oil. Proses pembersihannya sama dengan milk cleanser. Yang sedikit berbeda, setelah mengaplikasikan balm/oil ke kulit kering sambil dipijat, disarankan mengemulsifykan oil yang ada di wajah dengan menambahkan sedikit air sehingga balm atau oil tsb berubah menjadi susu. Momen mengemulsikan oil tersebut sesuatu yang baru dan menyenangkan buat saya. 

Produk yang sedang saya gunakan saat ini dari The Body Shop Camomile Sumptuous Cleansing Butter dan buat saya langsung jatuh cinta

Fungsi dari second cleanser itu untuk memastikan tidak ada kotoran yang tersisa dan juga membersihkan sisa sisa residu dari first cleanser. Tekstur dari second cleanser biasanya lebih ringan. Pilihannya bisa ke bentuk gel, foam atau lotion. 

Produk yang sedang saya gunakan saat ini dari Antipodes Juliet Skin Brightening Gel Cleanser dan Hadalabo Gokujyun Face Wash. Saya masih pengen coba coba lagi yang lain. 

Setelah baca blognya Lady Hirons dan Skin and tonic, saya mulai berusaha menghindari cleanser yang mengandung SLS dan berPH lebih 6. 

Tapi yang paling utama itu MURAH *insting emak bijak. 


Kenapa harus double cleansing?


Sebelum melangkah ke proses toning, serum-ing dan moisturizing, penting banget make sure kalau kulit kita benar - benar sudah bersih. Apalagi buat yang kesehariannya makeup an plus makeupnya yang waterproof, smudgeproof, kissproof, kayanya sudah jadi fardu ain untuk double cleansing

Untuk yang tidak makeup an tapi rutin pake sunscreen juga penting lho, jangan salah. 


Perandaiannya mungkin, seperti kita mandi pakai sabun, tapi belum buka baju. Jadi, pastikan bajunya (makeup, sunscreen) benar-benar dibuka sebelum lanjut pake sabun(second cleanser).



Setelah rutin melakukan double cleansing 2 bulan ini, kulit wajah terasa lebih purifying tanpa merasa ketarik, kenyal dan lembap. Buat kamu yang masih belum melakukan double cleansing tiap malam, coba deh, dan rasakan sendiri hasilnya :)



  

5 comments

  1. bener banget.. suka males kalo double cleansing ahhaha.
    aku jadi sekarang cuci muka dlu, baru pake pembersih lagi.. harusnya tuh kebalik ya, harusnya pembersih dulu, baru cuci muka..
    ato perlu triple cleansing? pembersih, cuci muka, terus bersihin pake kapas lagi? wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, salam kenal ya
      biasanya sih pembersih dulu(yang oil atau milk based) trus cuci muka, itu juga udah cukup sih sebenernya
      kalo yang pake kapas itu toner atau apa ya? hehehe

      Delete
  2. Aku rutiiiiin ngelakuin ini ^o^.. sjk kerja sih tapi mulai rutinnya.. pas jaman2 smu ampe kuliah masih pake facial foam aja.. dan memang muka skr jauuuuh lbh halus dan bersih.. malah g enak mbak kalo cuma bersihin muka dgn facial foam doang krn udh terbiasa double..perasaan muka juga jd kurang bersih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. *toss sama mba, bawaannya gatel dan ada yang kurang aja, jadi ga tenang pas mau tidur :)

      Delete
  3. dulu aku gak tau apa itu double cleansing. pokoknya bersihin muka tuh sebatas pake face wash doang. daaan stelah tau double cleansing dan praktekin sendiri, emang kulit jadi lebih bersih yah mba ^^

    btw, aku follow blognya #56 ^^ kalo senggang main ke blognya sherly yah mbak feb (^^)~


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete

Terima Kasih telah membaca. Boleh banget lho kalau mau tinggalkan komentar, gratis, gak dipungut biaya. Untuk saat ini, komentar dimoderasi. So, komentar spam, link hidup, atau komen gak santai, otomatis terhapus. Ditunggu kunjungannya kembali XOXO.