Pengalaman Memakai KB IUD NOVA-T

pengalaman-memakai-kb-iud-nova-t

Setelah kelahiran Harumi, tepatnya tanggal 11 Juni 2011, hanya berselang 2 bulan, dikarenakan kondisi saya yang saat itu masih kuliah, saya memutuskan mengunakan alat kontrasepsi. Berhubung mama menggunakan IUD dan ada salah satu sodara tidak sadar sedang hamil dan masih mengonsumsi pil KBMama menyarankan saya untuk mengunakan KB IUD yang katanya tidak akan berpengaruh ke hormon dan tingkat proteksinya lebih tinggi *halaaah.

Apa itu IUD ?


IUD atau Intra Uterine Device itu alat kontrasepsi *yaiyalah ya yang dimasukan di jalur rahim dan harus dicabut atau diganti sesuai dengan periode tertentu. 

Waktu di rumah bersalin, dokter memberikan beberapa opsi jenis iud. Jenisnya macem - macem, ada yang Copper T sama Nova T. Jangka waktu iud nya juga beda beda. Saya memilih 5 tahun dikarenakan jangka waktu tsb cukup ideal menurut saya. Untuk IUD, saya pilih yang Nova T(Schering). 

Suami saya satu - satunya orang yang paling cemas ketika mengantar saya ke rumah bersalin karena mendengar gosip dari teman - temannya tentang cara pemasangan IUD yang harus pakai alat ini itu. Memang sedikit sakit, tapi cepet ilang ko. Apalagi pemasangan super cepat, ga kerasa.

Efek Pemakaian IUD


Setelah pemasangan IUD, saya langsung mengalami haid pertama. Rentang Waktu haid kali ini dan seterusnya lebih lama dari biasanya. Biasanya saya mengalami haid sekitar 4-5 hari, kali ini 7-10hari. Saya juga lebih sering mengalami keputihan atau flex jika terlalu cape atau stress. Selebihnya normal seperti ga pakai kb. Berat badan ga mengalami kenaikan yang signifikan, malah turun karena breastfeeding. Di wajah ga muncul flek hitam, yang ada hanya beberapa dosa PIH bekas jerawat, hahaha. 

Setahun pertama, saya rutin periksa kb setiap bulan. Cukup termakan omongan temen kampus yang bilang kalau posisi iub bisa geser ke usus(?) dan organ lain. Saya sih ngerasa aman - aman aja karena katanya tingkat efektivitasnya bisa sampai 96-98%. Tapi ya tetep harus hati - hati. Di tahun berikutnya, saya dianjurkan hanya periksa ketika dirasa ada masalah saja. So far, Alhamdulillah, ga ada masalah.

Tahun ini merupakan tahun menuju kelima penggunaan KB IUD. Sebenarnya saya bisa saja cabut IUD sebelum tahun kelima, tapi sayanya lupa. Di tahun kelima ini, siklus haid saya agak berubah. Biasanya hanya setiap sebulan sekali, kali ini seminggu sekali. Karena khawatir, saya langsung mendatangi salah satu rumah bersalin swasta yang "katanya" kerjasama sama asuransi yang dikasih dari kantor suami. 

Menurut beliau, walau belum teng 5 tahun, sudah saatnya cabut IUD, toh umur Harumi juga udah ideal buat jadi kakak. Lahaula, akhirnya dicabut juga. Sama seperti pasang IUD, cabut IUD ini ga kerasa sakit sama sekali. Mungkin kedepannya, kalau memang dikasih rejeki anak lagi, untuk ngatur jaraknya, saya bakal pakai IUD lagi.


www.febifebriany.com


19 comments

  1. aku bayangin dipasang aja udah ngeri Mak, alhasil KB nya pake tissue dan kondom. EH itu termasuk KB nggak ya. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sih. kalo dibayangin ngeri, tapi sebenernya gapapa ko, insya Allah aman. k*nd*m masuk KB :)

      Delete
    2. Mba Rini KB pakai tissue yang kayak apa? Yang kertasnya nanti larut itu kah?

      Delete
  2. anak saya juga lahir 2011 Mbak, setelah usianya 3bulan saya disarankan oleh mertua untuk memakai KB susuk yang dipasang dibawah lengan..

    sekarang sudah pengen hamil lagi tapi suami belum mau :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah samaan ya mba :)
      saya sama suami juga udah pasrah deh, dikasih lagi alhamdulillah, belum juga gpp

      Delete
  3. Saya maju mundur mau pasang IUD. Masih blm siap kalau tubuh dimasukin benda asing hihihi
    Salam kenal ya Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari tau dulu aja mba, enaknya iud kl misalnya mau kasih jarak antar anak agak lama misal 3 tahun, pasang yang 5 tahun, tahun ke 3 udah bisa dicabut ko. terima kasih sudah mampir, salam kenal juga :)

      Delete
  4. Aku juga cukup setia dengan IUD...hehehehe...paling aman menurutku krn tdk berkaitan langsung dg hormonal

    ReplyDelete
  5. Salam...saya juga pengguna IUD hampir delapan tahun, terakhir-akhir memang sedikit bermasalah, mungkin sudah masanya, sebulan sesudah lepas langsung isi lagi mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumusalam,
      iya, mungkin emang sudah masanya :)
      alhamdulillah atuh, udah dikasih amanah lagi >.<

      Delete
  6. Denger-denger pakai IUD ini serem. :( Aku gak berani pake. Akhirnya KB suntik aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dibayangin serem sih, tapi sebenernya engga ko, asal rajin cek aja, kaya suntik lagi :)

      Delete
  7. serem ya kalo dibayangin ini, paling spiral buat istri Saya

    ReplyDelete
  8. Akhirnya nyoba jg pake kb IUD nova T.
    Kl d bilang sakit si yaa lumayan yah..
    Bener memang cm awal" nya aja kok sakitnya.
    Ini aku br aha pasang...
    Eng...ing...eng...
    Rasanya tuh parno nya lbh banyak ketimbang sakitnya... hahaha...
    Beter pake ini di banding suntik bo!
    Kenarin sempet suntik, karna msh busui jd pake yg suntik 3 bln 2x
    Alhasil body jd bengkak dr bb50 skrng 59
    Yahh sakit sekali kl pakai IUD tp enaK kedepaan nya..

    ReplyDelete
  9. Ass mba..Kalau efeknya gimana ya saat berhubungan..#katanya sih suami ada yang keganggu, bener ga ya??aku galau banget mba karena abis lahiran skrg hampir 3 bulan usia baby aku blm KB2 juga #sedih
    Katanya saat ini nova T paling bagus yaa..

    ReplyDelete
  10. Ass mba..Kalau efeknya gimana ya saat berhubungan..#katanya sih suami ada yang keganggu, bener ga ya??aku galau banget mba karena abis lahiran skrg hampir 3 bulan usia baby aku blm KB2 juga #sedih
    Katanya saat ini nova T paling bagus yaa..

    ReplyDelete
  11. Bedanya Nova t sama copper t apa mba?bener ga jadinya keputihan terus?

    ReplyDelete
  12. Wah.... Aku jg mau pasang iud nih. Semoga ga sesakit yg dibayangkan ya Allah bismillah 😂 Abis baca proses sm definisinya bikin lemes haha.

    ReplyDelete

Terima Kasih telah membaca. Boleh banget lho kalau mau tinggalkan komentar, gratis, gak dipungut biaya. Untuk saat ini, komentar dimoderasi. So, komentar spam, link hidup, atau komen gak santai, otomatis terhapus. Ditunggu kunjungannya kembali XOXO.