5 Dosa Merawat Wajah Yang Sering Dilakukan



Akhir akhir ini kalo lagi ngaca, saya suka merenung apa aja yang udah diperbuat ke wajah. Padahal udah kenal skincare dari jaman jebot, walau ga rajin rajin amat makenya, tapi ko komuk gini gini aja. Pengennya mah abis pake sleeping mask, besok pagi muka langsung berubah kaya miranda kerr atau minimal luna maya gitu. *maksa*

Jadi salahnya dimana atuhlah

Saya juga ga mau udah nyisihin uang buat beli skincare, ari pek teh kitu kitu keneh, ga berarti apa apa hanya karena beberapa dosa yang pernah saya lakukan. Mungkin kamu juga suka ngelakuin.


Mencet jerawat

Godaan buat ga memencet jerawat itu terlalu berat. Tangan kayanya gatel banget kalo ga megang trus ngoprek sampe keluar isi yang putih. Padahal udah banyak banget artikel yang nulis bahayanya mencet jerawat. Tapi mencet jerawat itu udah kaya candu. Awalnya puas, begitu liat bekasnya yang susah ilang, nyeselnya bikin nyesek. 

Sebenernya wajah saya ga gitu jerawatan, cuma karena dehidrasi, sering muncul bump kecil *istilah kasarnya beruntus*. Kalo lagi khilaf, pasti dikeluarin pake tangan. Kadang zonk, ga bisa dikeluarin semua trus jadi membesar jadi jerawat. Seringnya sih jadi bekas dan menghitam, atau kita sebut saja dosa tangan manusia. Dan bekasnya lama banget ilang. Sukur masih berbekas hitam, coba kalo kulitnya jadi berlubang. Itu udah susah banget disembuhinnya. Harus pake bantuan dokter kulit. 

Saya lagi berusaha banget ngontrol tangan supaya ga maen maen sama bumps yang lagi mampir di muka. Pelampiasannya? nonton channel youtubenya dr sandra lee sama liat bon pembelian skincare yang masih disimpen di dompet. Alhamdulillah sekarang udah engga ngelakuin lagi.

Pakai acne skincare berlebihan

Awalnya kulit saya termasuk daerah penghasil minyak. Muka kalo udah jam 12 udah ga berupa, ga perlu pake highlight karena udah bersinar sama minyak. *ngawur*

Tadinya saya ga nyaman sama kondisi minyakan gitu, ditambah lagi gampang banget buat jerawatan. Kesalahan yang saya lakukan adalah fowkeus nyari skincare yang buat acne, mattifying, atau apapun yang bikin kulit ngelupas kaya ular ganti kulit. 

Minyak dikulit emang jadi "lebih terkontrol". Masalah selesai? Ternyata engga, jerawat mungkin jadi kering, bekas jerawat jadi ngelupas, tapi muncul masalah baru, kulit saya jadi dehidrasi, bener bener kering, dry patch dimana mana, dan gampang muncul whitehead. 

Setelah sekian lama alias dari awal puber bergelut sama jerawat dan kroni kroninya, saya jadi berkesimpulan, buat ngobatin jerawat, seluruh wajah ga harus dipakein skincare yang khusus buat kulit berjerawat, cukup pake obat jerawat yang tepat. Inget, obat jerawat aja. Itu lo yang cuma ditotolin ke jerawatnya.  

Percaya deh, acne skincare malah bikin seluruh muka jadi kering dehidrasi. Apa dengan kulit kering jadi ga gampang jerawatan? Engga tuh. Walau kulit saya sekarang kering, tetep aja suka muncul jerawat kecil. 

Setelah saya baca baca, ternyata kulit yang dehidrasi malah bikin produksi minyak makin tinggi, makanya akan tetep muncul jerawat dan komedo plus pori pori makin membesar.

Akhir - akhir ini saya lebih seneng pake skincare yang powkeus ngehidrasi kulit, macam hadalabo. Buat serum moisturizernya saya lagi pake Aesop yang udah pernah saya review disini. Udah beberapa bulan ini, saya ga pake obat jerawat atau acne skincare sama sekali. 

Saya lebih percaya kalo kulit tuh harus dimanjain. Semakin kulit terhidrasi dengan baik, dengan sendirinya kulit memperbaiki diri. Tapi ini personal sih ya, bebas aja, gimana yang punya kulit, mas brow.

Gampang gonta ganti skincare

Siapa sih yang ga desperado udah rutin pake skincare tapi ga ngefek sama sekali? 

Waktu pindahan ke Depok dari Bandung, kulit mulai banyak bumps kecil, saya udah panik banget, cream andalan si tbs aqua sorbet yang udah rutin dipake ketika masih di Bandung ko jadi ga ngefek. Udah kebal sama skincarenya gitu? Engga, ternyata kebutuhan kulit saya udah beda. Di Bandung, kulit kering kerontang, begitu nyampe Depok jadi combination. 

Mau ga mau harus ganti skincare regime dong, disesuaiin sama kondisi kulit sekarang. Ternyata agak tricky ya. Apalagi kalo lagi panik macam saya. Jadinya segala dibeli. Baru beberapa hari dipake, karena ga begitu ngefek, kalap beli yang lain. Padahal kan skincare-an ga kaya make up-an. Pasti ada jeda waktu minimal 1 bulan buat tau skincare tsb efektif atau engga. 

Ga pake sunscreen

Siapa yang masih suka skip pake sunscreen? err..

Kayanya udah banyak banget artikel yang jelasin pentingnya sunscreen. Malah pernah dikupas di acaranya Oprah sampe didatengin dua perempuan yang usianya sama tapi yang satu keliatan lebih muda karena rutin make sunscreen. 

Saya mulai pake sunscreen karena nonton tayangan oprah yang itu dan kebetulan lagi treatment pake tritenoin yang harus banget pake sunscreen kalo lagi keluar rumah. Itu juga masih belang betong pakenya. Soalnya bikin whitecast terus kalo dipake pliket lengket pula. 

Padahal kalo lagi jerawatan atau coba coba exfo product, udah wajib banget pake sunscreen.  Sekarang udah banyak banget sunscreen yang oke. Ga pliket dan kaya ga pake sunscreen macam biore dan skin aqua.

Keasikan exfoliate sampe overexfo


Saya udah bahas tentang exfo di postingan yang iniExfoliate pake scrub, peeling, alat macam clarisonic atau sekarang yang lagi ngehits itu acid toner emang beneran enak. Kulit mati berasa keangkat semua. Apalagi kalo yang punya dosa bekas jerawat, bawaannya kerajinan exfo biar bekas jerawatnya pada ilang. 

Tapi kalo udah berlebihan, ga dikasih jeda, terus udahnya ga pake skincare yang berfungsi buat ngehidrasi, jadinya  ya bakal overexfo. Jangan ditanya deh gimana rasanya overexfo. Bikin nyesel seubun ubun pokonya.

Gaya hidup

Waktu smp, saya punya kebiasaan ngeronda dengerin acara late night di radio sampe jam 2 - 3 malem. Dari situ beruntusan di dahi makin bertambah dan mulai muncul kantung mata. Ditambah waktu kecil saya orangnya sok rapuh gampang stress mewek gitu, jadi makin gede deh kantung matanya. 

Terus dulu juga punya kebiasaan baca novel atau komik sambil tiduran dan ga peduli banget sama pencahayaan di kamar. Makanya awal nikah, abi rada bawel kalo saya laptopan pake lampu remang remang *mau kemana atuh remang remang.  Udah minus makin nambah, kantung mata punya kantung mata, fine line di mata makin keliatan. *ampuni saya ya mata*

Selain kurang tidur, saya juga dulu sampe sekarang mungkin kalo lagi khilaf, punya kebiasaan jelek kurang minum. Suka lupa dan "males" buat minum. Padahal jelas banget bedanya kondisi kulit yang sering minum sama engga. Kulit jadi lebih lembab dan ga gampang jerawatan. Kalo saya biasanya suka muncul bumps kecil di daerah pipi begitu kurang minum. Makanya saya coba biasain minum 2-3 liter perhari. Minumnya pun udah ga pake gelas lagi, tapi botol yang seliter, biar keukur udah minum berapa liter perharinya. 

Terakhir, saya itu gampang stress, dan ngaruh banget ke kulit. Klise banget ya. Tapi ya namanya cewe, sesetrong - setrongnya pastilah gampang banget stress. Dan biasanya kalo udah stress, mulai deh keluar kebiasaan jelek kaya mencet jerawat, kurang tidur, males skincarean endesbre endesbre. 

Sebenernya kalo dilist lagi, banyak banget dosa dosa yang udah dan sering saya lakukan ke kulit. Tapi karena ini juga udah kepanjangan. Mungkin disini ada punya kebiasaan jelek lain yang sering dilakukan? Boleh lah pengakuan dosa di komen bawah.

Dari yang lagi banyak dosa *edisi ramadhan*,

45 comments

  1. Catet, Mak. Mencetin jerawat itu malah bikin parah hehehe. Gaya hidup emang ngaruh. Dokter tau banget kalau aku cheating pola makan gara-gara ada jerawat mejeng di muka. Itu emang indikasi paling gampang ditengarai kalau aku ga bener makannya. Btw salam kenal dari Bandung ya, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mak, kalo lagi kurang minum air putih sama makan sayur dan buah biasanya muncul deh bumps di muka.
      Salam kenal juga mak. Aduh jadi kangen Bandung TnT

      Delete
  2. Haduh tangan aku gatel kalo udah ada jerawat sama komedo, alhamdulillah skincare jarang ganti dan sunscreen ga pernah di skip.

    isthiutamid.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. Tangan gatel pengen pencet jerawat itu sulit dihentikan hihi

    ReplyDelete
  4. dulu pernah gonta ganti sabun muka dan hasilnya malah jerawat dimana2 padahal dulunya mulus, bener tuh klo bisa jangan gampang gonta ganti skincare

    ReplyDelete
  5. Aku jarang pake sunscreen...

    Gimanaaaaaa nih???? 😭

    ReplyDelete
  6. Hati-hati Kak, mencet jerawat atau komedo jangan dijadiin kebiasaan. Bisa infeksi, malah jadi fatal akibatnya.

    ReplyDelete
  7. diriku paling sering ngga pake sunscreen dan sering mencetin jerawat ngga jelas :(

    ReplyDelete
  8. jlebbb... pas lagi mencet-mencet jerawat sambil baca tulisan ini *langsung turunin tangan dari dagu*. Tapi emang mencet jereawat itu godaannya berat banget. Rasanya lebih berat dari cobaan puasa :D

    ReplyDelete
  9. Aku mah kalau jerawat di diemin aja hahaha

    ReplyDelete
  10. Kadang enggak sengaja kepencet jerawatnya :(

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah punnya wajah mulus, dan selalu pake makeup yg sama jadi ngga jerawatan deh. rajin cuci muka sebelum tdr juga penting.

    ReplyDelete
  12. Tanganku gerak sendiri kalau ada jerawat nginep di wajahku @_@
    Reflek... gemes banget nggak sih. Hiks...
    Dan pola makan serta pola hidupku tidak teratur pula. Duh... dosa banget ya

    ReplyDelete
  13. Pas smp, Saya dulu paling sering banget mencet-mencet jerawat dan sekarang saya nyesel banget karena banyak bekas jerawatnya gara2 ulah tangan sendiri -.-

    ReplyDelete
  14. (((sama liat bon pembelian skincare yang masih disimpen di dompet))) ini biar ga rugi mungkin yaa ?? :-) Mencet jerawat dan begadang itu "dosa" yang setia saya lakukan. Abis mencet jerawat itu enakeun gimana donk :'(

    ReplyDelete
  15. Nggak tahan banget kalau ada jjerawat yang sudah mateng, pengennya mencet aja.
    Abis itu nnyesel deh, aku bermasalah juga dengan gaya hidup sehat karena hidup kaliurang sehat, apalagi suka gadang. Penambangan loh nulis di malam hari lebih tenang, tapi kantung mata pun nggak ilang-ilang

    ReplyDelete
  16. Ahhhh aku tuh mukanya berminyak dan mudah berjerawat, muka Ku penuh jerawat terparah tahun 2014-2015 hahhahaha...

    Dan dosa banget emang mencetin jerawat 😴

    ReplyDelete
  17. Aku jrg jerawatan, tp sekalinya jerawat eh pengen mencet. Catet tipsnya

    ReplyDelete
  18. Aku mah seumur gini belum pernah ke skincare kak :( pengen coba coba takut. Kalo foto muka paling kucel heheh. Malu nih.

    ReplyDelete
  19. Gak bohong deh, kadang aku mencet jerawat itu kayak gak sadar. Sadarnya pas udah sakit dan terlanjur di pencet >,<

    ReplyDelete
  20. Tapi ga semua orang cocok pakai sunscreen mbak. Suamiku sama dokter kulitnya malah ga boleh pakai sunscreen karena kulit wajahnya bermasalah. Jadi cukup pakai krim malam dulu.

    ReplyDelete
  21. Kesalahan aku sama muka banyak banget. Hiks...
    Makasih mba artikelnya. Semoga bisa lebih perhatian lagi sama muka dan rajin minum air.

    ReplyDelete
  22. hahhah godaan yang benar benar nyata, tak mengotak-ngatik jerawat salah satu contohnya hahaha
    Alhamdulillah, jarang ada jerawat meski kadang ya tetap berminyak

    ReplyDelete
  23. Untung nya kebiasaan di atas tidak pernah saya lakukan.
    Saya selalu ingat pesan mm saya, hangman pernah mencetin jerawat km ya.
    Karena itu saya mengerti mengapa harus demikian . Thx,
    Kandida

    ReplyDelete
  24. Mba feby, mukanya mulus banget. Bagi resep dong #gagalfokus

    Eh iya itu yg bagian ganti skincare, maksudnya tunggu sebulanan pake, trus liat ngefek apa engga, baru boleh ganti ya mba?

    ReplyDelete
  25. Wohoi... mencet jerawat kan ga dosa. Yang dosa itu mencet jerawat temen ampe dia nangis dan terpuruk.. muehehhee

    ReplyDelete
  26. wah nice banget tuh wkwk. keseringan sih meletusin jerawat rasanya ngejoss banget klo udh meletus hihi nice

    ReplyDelete
  27. Sebab, jerawat kecil itu bikin gemez buat dipencet. Dan kalo udah kepencet kadang-kadang jadi kzl.

    ReplyDelete
  28. Mencet jerawat kalau tangan nya kotor bisa aja jadi macem2 hehe kalau mau hilangin jerawat ke dokter saja.
    Aku berminyak, tapi kering. Gimana tuh. Kalau masalah skincare mah gak peeling2 gitu, paling cuma pake air panas, lemon hehe

    ReplyDelete
  29. Puji Tuhan ini muka walopun biasa aja nggak pernah diapa-apain, jarang pake produk-produk kulit juga. Paling cuma pelembab, bedak, sama facial wash aja udah ngerasa fabulous. #ehgimana.

    ReplyDelete
  30. beda daerah beda kebutuhan kosmetik ya mba.
    kulitku berminyak banget, pindah dr sby ke jkt smepet ganti kosmetik berkali2 muka malah jd makin kusem. Kzl kan haha

    ReplyDelete
  31. Yang nomor 2 aku sering banget gak pake aturan sampai jerawat tumbuh sana sini

    ReplyDelete
  32. saya sering banget mencet jerawat Mba, rasanya ada kepuasan tersendiri bila jerawatnya berhasil saya pencet tapi setelah itu langsung menyesal. Pas muncul jerawat di lain waktu, eh tetap ajah ngelakuin hal yang sama :(

    akhir-akhir ini juga malas pake sunscreen, alasannya karena disini hujan trus, mikirnya gak ada matahari jadi nggak bakal terpapar sinar matahari, padahal harusnya kan tetap pakai yah..

    ReplyDelete
  33. Kalo mencetin jerawat batu gitu boleh nggak sih? Tiba2 muncul satu spot yg berjerawat batu. Takut gara2 nggak cocok sama makeup. Makanya distop dulu. Tapi jerawatnya ngga hilang2 :( Sedih banget. Wajah juga jadi mengelupas tipis2 gitu di T-zone. Kira2 kenapa ya mba? *lho jadi konsultasi* Aku emang jarang pake sunscreen sih.

    ReplyDelete
  34. halo mbaa, tipsnya membantu banget. Baru sadar kalo kebanyakan skincare anti minyak bisa bikin muka malah jadi kering huehue. Ganti ganti skincare itu hobiku bangeeet gara-gara lama nungguin skincare lama ga berefek :(

    XOXO, Cilla
    http://mkartikandini.blogspot.com/

    ReplyDelete
  35. Jadi ingat kalau sudah lama aku tidak merawat wajah dengan fasial dan kawan-kawannya. Makasih tipsnya ya

    ReplyDelete
  36. Mencet jerawat sih mungkin yang menjadi dosa besar semua orang :' wkwkw aku dulu sering banget mencet jerawat ._. ya karena itu... risiiih :D

    ReplyDelete
  37. Saya Kalo lagi Khilaf juga masih suka melakukan dosa-dosa diatas mba. Haha..Salam kenal!

    ReplyDelete
  38. Dosa besarku kayaknya sampai sekarang masih hobi begadang marathon drama deh...
    Sama itu-tuh suka ngorek-ngorek komedo pake pinset bhahahaha...
    *gak elegan pisan kelakuan*

    ReplyDelete
  39. Samaa aku juga suka mencet2 jerawat haahahha. Harus di stopin ini kebiasaa jelek.Would you like to follow each other on GFC & Google+? Let me know if you follow me and I will follow you back.
    Www.tomntins.com

    ReplyDelete
  40. Kalau ada jerawat paling gak bisa diam tangan ini. Bawaannya pengen mencet dan mencet. Huhuhu...

    ReplyDelete
  41. Perempuan memang gampang baper. Ujung-ujungnya muncul jerawat deh. Kalau udah ada jerawat, tangan perasaan gatel banget, pengen mencet he he he

    ReplyDelete
  42. dosa besar banget, mencet-mencetin jerawat, sama males pake sunscreen...
    alhasil kecantikanku memudar. *elah

    ReplyDelete
  43. wah pake acne skin care berlebihan ternyata masuk kedalam dosa besar, hehe
    tapi gimana kadang kita kesal juga ya pake dikit dikit gak keliatan hasilnya, langsung pake banyak akibatnya langsung berasa, ya emang sih besoknya jerawat yang mau bersemi langsung kering, tapi buk panasnya..
    kayak mesti dikurangi deh, haa bahaya..
    makasih loh kak infonya :)

    ReplyDelete

Terima Kasih telah membaca. Boleh banget lho kalau mau tinggalkan komentar, gratis, gak dipungut biaya. Untuk saat ini, komentar dimoderasi. So, komentar spam, link hidup, atau komen gak santai, otomatis terhapus. Ditunggu kunjungannya kembali XOXO.