APA KEGUNAAN MICELLAR WATER YANG SESUNGGUHNYA? TEMUKAN JAWABANNYA DISINI!

micellar-water-sebagai-pembersih-wajah


Siapa disini yang masih suka pakai micellar water sebagai pembersih wajah/cleansing water? 

lah memang diiklannya diperuntukan buat bersihin wajah bukan?
Produk ini sempat dipopulerkan oleh salah satu brand di Indonesia dan diikuti oleh brand lain yang mengeluarkan produk serupa. Sebenernya apa sih micellar water itu? 

Air ajaib? 
All in one cleanser? 
Cleansing water? 

Apa itu micellar water?


Sebenernya air ajaib ini bukan teknologi baru. Awalnya tercipta karena kondisi air pam di Prancis negara asalnya kurang bagus, mungkin mirip kualitas air di perumahan yang dulunya rawa dan sawah *mungkin ya. Karena kualitasnya kurang bagus itulah, ilmuwan disana menciptakan teknologi micellar water ini untuk membersihkan wajah. 

Dikutip dari futurederm, dalam air ajaib ini ada molekul pembersih berupa minyak yang dilapisi air bernama micelles, sehingga dapat menarik minyak dan kotoran yang ada di kulit kita. Dari nama molekul inilah nama micellar water pun diambil. Jadi bukan miracle water atau air ajaib ya *mungkin saya aja yang awalnya nyangka kalo ini miracle water*.

Banyak yang menggunakan cleansing water ini karena kepraktisannya. Tinggal basahi kapas, usapkan ke wajah *ga usah digosok terlalu keras macam aplas* make up langsung keangkat tanpa buat kulit wajah kering atau ketarik. Tapi apa cukup dengan micellar water sadja? 

Micellar water menggantikan cleansing oil/ milk sebagai first cleanser?

Entah kenapa belakangan ini banyak orang yang percaya bahwa micellar water ini dapat digunakan sebagai produk pengganti pembersih wajah berbahan dasar milk dan oil atau first cleanser dalam ritual double cleansing. 


Saking praktisnya, banyak juga yang menganggap micellar water ini sebagai all-in-one cleanser. Tanpa perlu dibilas tinggal mengusapkan kapas yang sudah dibasahi micellar water beberapa kali sampai tidak ada residu make up yang menempel di kapas, wajah sudah "dirasa" bersih. Enelan nih?

Balik lagi ke sejarah munculnya, micellar water diciptakan ketika kondisi negara Prancis saat itu sedang darurat air bersih. Jadi, saya sih percaya fungsi micellar water ini tetap pada khitahnya yaitu digunakan pada saat kondisi emergency susah akses air. 

Fungsinya hampir mirip hand sanitiser atau tisu basah. Tetap lebih bersih membersihkan tangan dengan sabun dibanding hand sanitiser, bukan? Selebihnya, cleansing water ini tidak dapat diposisikan sebagai first cleanser atau disejajarkan dengan cleansing oil dan milk.

Alih-alih ingin cepat, menggosok wajah beberapa kali dengan berjuta-juta kapas hingga "berasa bersih" malah akan membuat kulit wajah rusak dan mempercepat keriput. *ini kulit lo, bukan kayu 

Kembalikan fungsi micellar water pada khittahnya


Kita masih bisa ko menggunakan micellar water ini sebagai mana takdirnya. Dalam beberapa kondisi, micellar water dapat digunakan ketika:

- Setelah pulang sekolah atau kerja 
Sebelum beraktivitas di rumah, bersihkan keringat dan make up dengan micellar water. Double cleansing dapat dilakukan sebelum tidur. Terlalu sering mencuci wajah dengan sabun hanya akan membuat kulit makin kering. 

- Travelling
Sedang travelling dan tidak bisa cuci wajah sebagai mana mestinya *misalnya sedang di pesawat, tidak nemu masjid, dll, daripada keringat dan kotoran makin numpuk, bersihkan dengan micellar water.

- Touch up 
Pagi sampai sore dari kondangan A, malamnya diajak suami dinner di restoran, tidak sempat cuci muka. Makeup pagi-nya dihapus dulu pakai micellar water. Inget, jangan ditumpuk! kasihan pori-porinya. 
Dapat juga digunakan setelah istirahat sholat mau re-apply sunscreen tapi masih ada sisa make up, bersihkan dulu dengan micellar water.

So, micellar water sebagai pembersih wajah itu yay atau nay? 
Yay! untuk kondisi tertentu. 
Nay! untuk pengganti first cleanser dalam double cleansing.

febifebriany.com






1 comment

  1. Wah nice post
    jadi ngerti fungsi sebenarnya.

    diaryjejhe.blogspot.com

    ReplyDelete

Terima Kasih telah membaca. Boleh banget lho kalau mau tinggalkan komentar, gratis, gak dipungut biaya. Untuk saat ini, komentar dimoderasi. So, komentar spam, link hidup, atau komen gak santai, otomatis terhapus. Ditunggu kunjungannya kembali XOXO.