INILAH 4 KEBIASAAN MENGGUNAKAN SKINCARE YANG HARUS DIHINDARI

4-kebiasaan-menggunakan-skincare-yang-harus-dihindari

Sering banget nerima konsultasi seputaran kulit dan skincare dari teman. Apalagi saat mereka tahu saya akhirnya punya blog.


Biasanya topik keluhannya hampir sama. Jika sebelumnya saya pernah membuat pengakuan dosa yang telah saya lakukan ke kulit. Kali ini saya mau sharing empat kebiasaan saat mulai merawat kulit atau menggunakan skincare yang dapat berpotensi merusak kulit dan sebaiknya dihindari.

Memulai beberapa produk baru sekaligus


Saking kebeletnya ingin punya kulit yang sehat flawless, kinclong terlihat tanpa pori bak cetakan dua puluh, terpikirlah untuk mulai merawat kulit.
Kamu pun jadi sering melihat beberapa review dan skincare routine para beauty blogger di blog, youtube dan instagram.
Contek dan borong semua produk yang digunakan para beauty gurus. Dengan harapan apapun yang cocok di mereka akan cocok di kulitmu.
Tapi memulai beberapa produk sekaligus hanya akan membuat kamu bingung produk mana yang tidak cocok saat wajah bereaksi lain, misal purging atau breakout.

Solusi:
Sebenarnya, skincare routine yang terbaik untuk kita adalah rutinitas yang kita bangun sendiri. Trial and error sampai menemukan produk dan kombinasi produk yang cocok untuk kulit.
Mungkin akan memakan waktu yang lumayan lama sampai kamu merasa greget karena produk baru terus saja bermunculan. *curcol

Mungkin juga akan sulit, tapi santai saja sis, selow. Tambahkan produk ke dalam skincare routinemu satu per satu. Jangan lupa berikan waktu setidaknya satu minggu sebelum mengenalkan produk lain.
Dengan begitu, jika satu produk buat iritasi, breakout atau meh biasa-biasa saja, kamu akan tahu persis produk mana yang dimaksud.

Menggunakan dua atau lebih active ingredients dalam satu waktu


4-kebiasaan-menggunakan-skincare-yang-harus-dihindari

Sekarang ini memang sedang booming produk yang mengandung active ingredients.
Sebut saja acids alias AHA dan BHA yang bagus untuk skin tone, tekstur kulit dan pori.
Vitamin C yang bagus untuk brightening dan antioxidants dan retinoids yang bekerja dengan baik untuk anti aging.
Tapi AHAs, BHAs, Vitamin C dan retinol dapat bekerja dengan baik karena mereka ingredients yang sangat keras.
Jika kamu belum pernah menggunakan acid atau retinoid sebelumnya, kulitmu mungkin akan kaget.
Jadi please, untuk yang masih merasa pemula dan adek-adek yang belum berusia 25 tahun keatas, disarankan banget untuk tidak dulu mencoba dua active ingredients ini, retinoid dan acid kadar tinggi.
Saya sering banget dapat email curhatan tentang breakout, overexfoliate karena menggunakan acid toner langsung dengan kadar tinggi dan digunakan berlebihan tanpa produk yang menghidrasi dengan cukup setelahnya.
L-ascorbic acid vitamin C juga akan sting banget jika kamu masih baru mencoba. Retionids dapat menyebabkan kulit mengelupas ketika pertama kali memulai. Overexfoliate dan kulit dehidrasi dapat terjadi jika terlalu berlebihan menggunakan AHAs dan BHAs.
Solusi:
Jangan terlalu terburu-buru. Mulailah dengan menggunakan satu produk active setiap seminggu sekali.
Jika kulit terasa membaik, tambah tiga hari sekali selama seminggu. Jika kulit terus mentolerir produk dengan baik selama beberapa bulan, kamu dapat mencoba menggunakan bahan active sekali sehari.
Jika kamu mulai menggunakan retinoids dengan pengawasan dokter, ikuti petunjuknya dan selalu konsultasikan jika memiliki pertanyaan atau masalah dengan perawatan kulitmu.
Yang harus diperhatikan, tidak semua orang dapat mentolerir penggunaan produk berbahan active untuk sehari-hari. Mungkin bagi sebagian orang dapat menggunakannya setiap hari, ada juga yang beberapa hari sekali.
Yang terpenting adalah pahami kulitmu dan respek batas kemampuannya.

“Setia” pada satu brand untuk setiap produk dalam skincare routine


Saya cocok dan cinta banget dengan SK-II FTE. Saya juga penggemar setia cleansing butternya The Body Shop, FCASnya Sulwhasoo, tonernya Whamisa, Hanyul, dan Paksuami. *modus supaya uang jajan ditambah.

Setia pada satu brand tertentu tidak salah.
Mungkin kamu cocok dengan serum dari brand A, tapi tidak juga menjamin moisturizernya akan w-o-w di kulitmu.
Coba beberapa produk dari brand favoritmu, namun perlu diketahui kalau brand lain mungkin menawarkan pilihan yang sama atau bahkan lebih baik untuk kebutuhan kulitmu.
Tentu saja kamu tidak perlu mencoba setiap produk dari satu brand saja. Setiap brand biasanya mempunyai produk unggulannya masing-masing.

Mempunyai ekspektasi yang berlebih pada produk skincare


“Sudah coba pakai produk ini, tapi kulit masih saja tidak kinclong dan flawless seperti biuty blogher A”


cup cup cup. Sabar.


Skincare bukan tentang menemukan "formula rahasia" macam plankton yang akan membuat wajahmu makin kinclong tanpa filter.
Menurut saya, skincare lebih ke tentang perubahan yang membawa kulit ke kondisi terbaik yang bisa kamu miliki.
Skincare cuma supplement untuk gaya hidupmu. Jangan terlalu dibawa serius, tidak lucu juga kan stress cuma karena skincare.
Kulit merupakan organ terbesar manusia yang biasanya menunjukan signal atas apa yang terjadi di dalam tubuh.
Sekarang ini Alhamdulillah jarang banget jerawatan, biasanya mulai tumbuh jerawat kalau saya kurang tidur, kurang minum atau sedang stress.
Treat your body well, respect your skin dan gunakan beberapa produk untuk memanjakan diri.


XOXO,
www.febifebriany.com

4 comments

  1. Udah lama ngga pakai skincare 😆😆

    ReplyDelete
  2. Iya nih kadang kalo baru beli skincare, rasa pengen di coba sekaligus hehe

    ReplyDelete
  3. Aku sekarang mulai rajin pakai toner semenjak sadar kulit makin kering. Tapi untuk nyoba berbagai produk baru kayaknya belum berani

    ReplyDelete
  4. Aku termasuk yg ga cocok ama AHA, sampe skr ini. Pasti purging parah kalo pake produk yg ada kandungan AHA nya.. Makanya bener2 ngecek dulu sebelum mutusin utk pake produk apa mba..

    ReplyDelete

Terima Kasih telah membaca. Boleh banget lho kalau mau tinggalkan komentar, gratis, gak dipungut biaya. Untuk saat ini, komentar dimoderasi. So, komentar spam, link hidup, atau komen gak santai, otomatis terhapus. Ditunggu kunjungannya kembali XOXO.