NUTRISI YANG PENTING UNTUK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN OTAK ANAK

nutrisi-yang-penting-untuk-pertumbuhan-perkembangan-otak-anak


Hula mah yang selalu mud semuanya!

Melanjutkan bahasan tanggap yang lengkap yang pernah aku bahas di postingan sebelumnya. Ternyata perkembangan anak dengan Tangap yang Lengkap dimulai dari perkembangan otaknya, lho! Penasaran? Simak pembahasan yang aku rangkum dari penjelasan dr Nuril sampai akhir ya!


Sejak kapan perkembangan otak anak dimulai?


Pertumbuhan tidak instan saat anak lahir tapi dimulai dari saat bayi dalam kandungan. Pertumbuhan dan perkembangan suatu hal yang berbeza ya.

Pertumbuhan disini bertambah besar termasuk sel otak, organ tubuh dan otot. Dari sel otak yang tumbuh dan ditambah dengan stimulasi akan memberikan dampak untuk tumbuh kembang anak yang optimal. 

Jadi jika ingin otak anak berkembangan dengan bagus, sama seperti tanaman, nutrisinya terutama nutrisi otak harus cukup sejak dalam kandungan.


Apa yang harus diperhatikan untuk mendukung perkembangan otak anak yang optimal?


Secara keseluruhan proses pertumbuhan dan perkembangan otak anak dipengaruhi oleh tiga faktor:
  • nutrisi, 
  • stimulasi 
  • genetik

Surprisingly, genetik ternyata hanya berpengaruh sebanyak 20%. Sementara faktor yang mempengaruhi optimalisasi fungsi otak:
  • Keseimbangan energi: makanan, kebutuhan nutrisi
  • microbiota usus atau saluran pencernaan


Nutrisi apa kira-kira yang penting untuk mendukung optimalisasi otak anak?


Zat gizi makro atau yang biasa kita makan sehari-hari seperti protein, lemak, karbohidrat. Karbohidrat tidak hanya nasi ya genks, bisa juga umbi-umbian, spagheti dll. Protein hewani nabati dan lemak. Tenyata kebutuhan sayur untuk anak bukan yang utama, lho. Cuma hanya diperkenalkan saja. 

Rumus kebutuhan serat= n(usia dalam tahun)+5(dalam gr). Jadi kalau 2 tahun hitungannya, 2+5= 7gr saja.

Zat gizi mikro, diberikan dalam jumlah sedikit seperti Vitamin A, D, E, K, B, C dan Mineral Na, K, Cl, Ca, Fe, Zn, Mg, Se, dll. Surprisingly, vitamin A juga tidak hanya didapat di wortel atau sayur lain, lho. Malah daging merah, hati atau hewani lebih banyak terdapat vitamin A dan lebih mudah diserap dibanding yang terdapat di beta carotene.


Apa yang akan terjadi pada anak jika nutrisinya tidak tercukupi?




Dampak jangka pendek

  • Gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak
  • Gangguan pertumbuhan (IUGR)
  • Gangguan program metabolik, glukosa, protein, hormon, dan gen


Dampak jangka panjang
  • Kecerdasan anak, tampilan dan pendidikan
  • Stunting/pendek, Pertumbuhan atau tinggi badan yang optimal itu harus dicapai saat usia 1-2tahun. 
  • Hipertensi, diabetes, PJK, obesitas, stroke.


Apa hubungannya microbiota usus atau saluran pencernaaan dengan pertumbuhan otak anak?


Jadi di dalam percernaan tubuh kita itu dikenal ada yang namanya kuman baik. Kuman baik  di dalam usus itu melakukan cross talk/diskusi yang akan mempengaruhi fungsi otak. 

Pengaruhnya juga banyak, termasuk dapat mempengaruhi cara mengendalikan emosi. Buat kita orang dewasa saja suka ada istilah, “lu rese kalau lagi laper” atau “logika tanpa logistik, anarkis”.

Kalau pencernaannya baik, kuman baiknya banyak dan cukup, maka fungsi otaknya juga akan normal.

Jadi, nutrisi yang tepat tidak dapat tergantikan pentingnya untuk pertumbungan dan perkembangan otak anak untuk mendukungnya tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tapi juga kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial. 

Oleh karena itu Ibu perlu memperhatikan asupan nutrisi yang mendukung perkembangan otaknya sejak usia emas anak.


nutrisi-yang-penting-untuk-pertumbuhan-perkembangan-otak-anak


Nah, formula baru bebelac kali ini ternyata mendukung nutrisi lengkap untuk anak juga, lho. Salah duanya, mengandung minyak Ikan & Omega 6 yang ditingkatkan dari formulanya yang lama. Kemudian takaran perbandingan  FOS(Frukto Oligo Sakarida) : GOS (Galakto Olido Sakarida)nya menjadi 1:9 sehingga dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan merangsang bakteri baik untuk pencernaan si kecil. Tidak lupa mengandung juga 13 Vitamin dan 9 mineral yang baik untuk pertumbuhannya.


Untuk mengetahui Pentingnya Omega 3 & 6 Sebagai Nutrisi Otak Anak bisa dibaca disini.


XOXO,

www.febifebriany.com


Disclaimer: Saya pro ASI, Hamiz masih full ASI insya Allah sampai 2 tahun, teteh Harumi juga full ASI sampai 3 tahun malah. Susu tambahan saya berikan setelah 2 tahun. Sekian dan terima kasih.



4 comments

  1. Nutrisi buat si kecil ternyata penting banget zaa... Itu berguna untuk pertumbuhan dan perkembangannya

    ReplyDelete
  2. Ngeri banget baca dampak anak yang kurang nutrisinya, semoga anak-anak kita tidak mengalami hah yang demikian

    ReplyDelete
  3. Semoga yang 80% itu kita sebagai orang tua bisa mengoptimalkannya ya, baik dengan stimulasi maupun nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan anak...

    ReplyDelete
  4. Waduh bahaya kalau anak gagal tumbuh gegara kurang nutrisi.

    ReplyDelete

Terima Kasih telah membaca. Silahkan tinggalkan komentar, gratis. Untuk saat ini, komentar dimoderasi. So, komentar spam, link hidup, atau komen nge-gas, otomatis terhapus. Ditunggu kunjungannya kembali XOXO.