CARA MEMPERLANCAR DAN MENINGKATKAN PRODUKSI ASI BAGI IBU MENYUSUI

cara-memperlancar-dan-meningkatkan-produksi-asi-bagi-ibu-menyusui

Sejak mendapat predikat ibu, aku sudah bertekad untuk menyusui anak-anak sampai dua tahun. Alhamdulillah enggak ada masalah yang berarti selain Hamiz ternyata lebih intens dan kuat minum ASInya dibanding teteh Harumi dulu. Karena aku bekerja kantoran, persediaan ASIP harus siap dan banyak. Beruntung banget Sabtu 11 Agustus 2018 aku dapat kesempatan ikut acara Healthy Habits For Breastfeeding yang diadakan oleh Bio Oil dan C Channel di Buba and Bump dalam rangka memperingati Pekan ASI sedunia.

Acara ini diisi dengan talkshow dengan narasumber dr. Dimple Nagrani, Sp. A yang akan memberikan tips dan tricknya memperlancar ASI, termasuk pijat dan pompa ASI yang baik untuk menyusui, Ibu Shintya Dewi sebagai perwakilan dari Bio Oil juga akan memberikan tips memijat agar asi lancar dan strechmark pun hilang dan sharing suka dukanya menyusui dari influencer  Putricaya alias puchh. Penasaran kan? Simak sampai selesai ya.

Sebelum talkshownya dimulai, acara ini dibuka oleh Mr. Yamato Sasagawa selaku CEO dari C Channel. Sudah pernah nonton videonya C Channel kan ya? Jika belum tahu, C Channel itu video satu menit all about woman seperti beauty, food, diy, dll. Ketika hamil Hamiz, sempat bantu buat beberapa konten saat C Channel awal berdiri di Indonesia, kalau belum pernah nonton, nonton atuhlahv ideonya di akun resmi instagram dan facebook mereka. 

cara-memperlancar-dan-meningkatkan-produksi-asi-bagi-ibu-menyusui

Selain Mr. Yamato, ada juga sambutan dari Mbak Ida Ayu dari PT. Radiant Sentral Nutrindo atau perusahaan yang menaungi Bio Oil Indonesia dan pembagian token of appreciation untuk para pengisi acara.


Masalah yang dihadapi ibu menyusui


Selain omongan orang, banyaknya mitos dan fakta seputaran ibu menyusui yang sering tertukar, setidaknya ada dua hal yang menjadi concern penting bagi ibu menyusui, termasuk aku:
1. Cara memperlancar dan meningkatkan produksi ASI,
2. Menjaga kondisi kulit setelah melahirkan.


Cara memperlancar dan meningkatkan produksi ASI

Dr. Dimple mengibaratkan kita, para ibu sebagai super power yang mampu merawat manusia sejak dalam rahim, hingga lahir dan dewasa. Selain itu tubuh kita juga mampu memproduksi ASI yang merupakan sumber kehidupan terbaik dan mengandung banyak manfaat. 

Lantas, bagaimana mengoptimalkan produksi ASI agar kebutuhan anak akan ASI tercukupi?  

dr. Pimple memberikan tips kebiasaan sehatnya agar produksi ASI dapat lancar dan meningkat.

- Smile and positive mind set
Ibu menyusui itu wajib hukumnya untuk terus happy and good mood. Kerasa banget ketika lagi stress kerjaan atau baper karena omongan orang, hasil mompa ASIku sedikit banget dari biasanya. Mind set yang positif dapat merangsang hormon oksitosin sehingga produksi ASI meningkat.

- Skin to skin contact
Atau melakukan kontak langsung dengan bayi. Moment menyusui bukan hanya memberi ASI hingga kenyang, ada interaksi langsung dengan anak sehingga meningkatkan bonding dan tentunya mendorong hormon ASI bekerja dengan baik.

- Rutin menyusui
Produksi ASI sangat bergantung dengan banyaknya permintaan atau demand. Semakin sering dipompa dan menyusui, maka produksi ASI pun akan meningkat sering dengan kebutuhan.

- Diet sehat
Diet disini bukan diet untuk mengurangi berat badan *kebayang akutu makin kurus kalau diet begitu. Kalau suka mengikuti akun facebooknya dr. Annisa Karnadi pasti tahu banget diet sehatnya dengan menu empat bintang. Jadi kita tetap boleh mengonsumsi apapun variasi makanan sehat.

- ME TIME
Sempatkan me time untuk merecharge tubuh dan pikiran. Supaya tidak suntuk dan malah jadi stress saking bosannya. Kalau kata dr Dimple, quality over quantity. Me time-ku enggak jauh dari mandi, makan indomie sambil nonton drakor dan sempatin pakai skincare. 

- Tips memompa ASI
Ini penting banget bagi ibu pekerja yang mengandalkan stok ASIP saat anak pergi ke kantor. Memompa ASI bisa dilakukan dengan pompa ASI atau tangan, tapi karena akutu tak terbiasa, takut beleber ke seragam dan malu dilihat ibu-ibu di klinik laktasi kantor kalau mompa pakai tangan, yowes pakai pompa ASI saja yang simpel. 

Saat pumping di klinik laktasi kantor biasanya aku dilihatin sama ibu-ibu sana karena frekuensi mompanya tidak cepat seperti yang lain. Ternyata menurut dr. Dimple cara memompa seperti itu tidak salah ko, karena mengikuti gaya hisap menyusui anak.

Hasil pumping tiap ibu pasti berbeda, tidak usah berkecil hati kalau hasilnya sedikit dari yang lain, toh bukan sedang lomba pumping. Pastikan posisi memompa juga saat posisi yang nyaman. 

- Pijat ASI
Dr. Dimple juga memberikan demo khusus bagaimana pijat payudara dan pijat oksitosin. Pijat payudara dilakukan sebelum kita memompa ASI untuk meningkatkan kadar lemak dalam ASI. 


cara-memperlancar-dan-meningkatkan-produksi-asi-bagi-ibu-menyusui

Selain pijat payudara, ada juga pijat oksitosin. Hormon oksitosin akan memicu otot halus di sekitar sel pembuat ASI untuk mengeluarkan ASI. Kurang lebih gerakan memijatnya memutar pada tulang punggung kiri dan kanan dengan jempol.
cara-memperlancar-dan-meningkatkan-produksi-asi-bagi-ibu-menyusui

Merawat kondisi kulit setelah melahirkan


Permasalahan kulit ibu setelah melahirkan tidak akan jauh dari kulit kering, dehidrasi, bekas luka, warna kulit tidak merata, stretch mark, dll. Apalagi semenjak menyusui dan kembali bekerja, kulit makin dehidrasi dan terpapar polusi. 

Bagiku, merawat kulit itu seperti me time saat suntuk dengan rutinitas harian. Kulit wajah masih bisa dijaga dengan tetap rutin menggunakan skincare, jangan lupa menggunakan sunscreen dan double cleansing setiap malam. 

Untuk menjaga kulit bagian lain, Ibu Shintya memberikan tipsnya agar kulit terhindar dari problematika pasca melahirkan seperti strecth mark dengan Bio oil. Caranya, pijat ke bagian yang diinginkan sebanyak dua kali sehari secara rutin. Bio oil juga dapat digunakan saat pijat oksitosin juga, lho.

www.febifebriany.com


1 comment

  1. masalah strect mark aku belum teratasi nih mb dududu klo ASI alhadulilah ga masalah

    ReplyDelete

Terima Kasih telah membaca. Silahkan tinggalkan komentar, gratis. Untuk saat ini, komentar dimoderasi. So, komentar spam, link hidup, atau komen nge-gas, otomatis terhapus. Ditunggu kunjungannya kembali XOXO.