TIPS JADI VLOGGER DARI YOUTUBER

tips-jadi-vlogger-dari-youtuber


Siapa yang lebih sering nonton Youtube dibanding TV? Pernah iseng buka akun hosip instagram dan aku enggak tahu siapa artis yang digosipin itu. Ya gimana dong, akutu lebih tau Suhay Salim sama Tasya Farasya dibanding artis eptipi. Mungkin jika ada kuis tebak selebriti masa kini dengan youtuber, aku akan lebih banyak menebak dengan benar nama - nama youtuber dibanding artis jaman sekarang. 


Tidak cuma aku, suami dan teteh Harumi juga lebih senang nonton youtube dibanding tv. Untuk teteh Harumi, supaya lebih gampang mengontrol video yang mau ditonton, aku kasih hp khusus tiap Sabtu - Minggu tanpa kuota internet. Video youtubenya sudah disortir terlebih dahulu sebelum didownload. 

Aku juga sering nemu video teteh sendirian ikutin gaya youtuber di handphone. Tentu sebagai emaknya, aku cuma bisa mengarahkan video dan youtuber mana yang cocok untuk diikuti. Jadi mau tidak mau enggak boleh buta banget soal Youtube. Macam - macam youtuber mulai dari yang kontroversi, yang clickbait banget, yang gitulah aku coba tonton, sortir dan analisa kenapa sih disukai anak jaman sekarang. 

Beberapa waktu yang lalu, PT Mega Suryamas undang aku ke event launching Digital Campaign mereka untuk sabun mandi Harmony, Medicare dan Lervia  dengan acara #SharingHappiness bertajuk Healthy Zona. 


tips-jadi-vlogger-dari-youtuber


Acara ini merupakan launching digital campaign www.healthyzona.com dimana PT. Mega Suryamas mengajak anak muda Indonesia jaman now untuk tahu mana yang sehat dan benar akan perkembangan teknologi dan bertebarannya banyak hoax saat ini.

Pas banget di acara tersebut isinya mostly sharing santai dengan anak SMA jaman now tentang tips jadi vlogger Dari para content creator seperti Stella Cornelia yang merepresentasikan sabun Harmony karena wanginya yang segar dan buat mood jadi ok untuk bikin konten, Fendy Chow yang mewakili sabun Medicare karena aktivitasnya yang dominan outdoor dan berkeringat. Terakhir Kyra Nadya yang memilih Lervia yang melembutkan kulit serasa di spa. 

Aku tentu sadja langsung mengiyakan untuk dapat ilmu lebih jauh soal peryoutube-an ini. Siapa tau suatu saat diriku tidak malu lagi sehingga blog ini merambah ke dunia vlog atau untuk bekal nanti jika teteh Harumi mau jadi vlogger.

Aku sempat terkejud saat melihat lokasi acara yang penuh dengan anak muda jaman now yang umur enggak beda jauh belasan tahun yang lalu. Ternyata anak-anak muda ini merupakan penggemar dari vlogger yang menjadi narasumber di acara Sharing Happiness. Para vlogger ini pun memberikan tipsnya bagaimana cara menjadi Youtuber yang keren dan uhuk berpenghasilan.

Tips Jadi Vlogger Dari Youtuber

tips-jadi-vlogger-dari-youtuber

Apa passionmu? 

Untuk menjadi seorang youtuber, tentu kamu harus punya niat dan passion. Temukan passionmu dulu. Tidak hanya mengandalkan apa yang lebih menghasilkan atau mengundang banyak views. Tapi hal apa buat kamu benar-benar tertarik dan tidak akan kekurangan ide kalau dibicarakan? Apa makanan? beauty? travel? olahraga? game? Jika kamu mengerjakannya dengan passion, viewers akan menerima energi positif dari passionmu itu. 

Selalu update

Sebagai content creator harus selalu update dengan tren yang muncul. Kalau sering nonton youtubenya om Dedy atau Raditya Dika, bagaimana mereka bisa eksis dengan viewers dan subscribers jutaan ditengah banyaknya youtuber baru yang masih muda, mungkin salah satu rahasianya mereka tidak stuck, tetap update dan mengikuti perkembangan tren yang ada.

Siapkan Perlengkapan

Perlengkapan seperti kamera, lighting, dll itu memang penting, tapi untuk jika budget tidak memadai bisa memulai dengan menggunakan kamera handphone dan cahaya matahari.

Berkarakter dan punya prinsip

Karakter merupakan faktor paling penting saat memulai jadi seorang Youtuber. Intinya, Kamu ingin dikenal sebagai apa? Selain berkarakter, harus juga punya prinsip alias jangan asal ambil kerjasama. 

Fokus Dan Percaya Diri

Semenjak multiply ditutup, aku ingin balik lagi ngeblog tapi merasa belum bisa fokus dan tidak percaya diri. Untuk buat video youtube pun, sebenarnya keinginan dan konsep sudah aku buat, tapi aku masih belum percaya diri untuk bicara di depan kamera. Untuk sebagian orang, apalagi introvert seperti aku, mengutarakan pendapat ke publik itu ngumpulkan nyali dulu dan penuh pertimbangan. 

Ketika konsisten buat konten di Youtube pun, tidak semua orang akan suka dan setuju dengan konten kita. Jadi kita harus siap mental menerima kritik dan bahkan komentar terburuk sekalipun.

Cara Atur Mood Buat Konten

Salah satu masalah utama content creator selain menyempatkan waktu buat bikin konten tentu saja atur mood. Padahal kunci supaya bisa sukses itu konsisten. Makanya jaga mood itu penting banget supaya bisa tetap fokus buat konten yang unik dan kreatif. 

Mood ini memang pr banget buat aku. Aku pun tidak punya waktu yang cukup banyak untuk me time perawatan ke spa mengingat aktivitas sehari-hari ngantor dan punya elementary kid dan baby.

Salah dua me time yang bisa aku lakukan di rumah yaitu pakai skincare dan mandi. Tapi tentu saja, sebagai emak yang punya bayi, ditinggal mandi pun seperti drama ditinggal perang beberapa tahun. Jadi aku selalu picky pilah - pilih sabun agar walau mandi kilat tapi tetap harum dan menyegarkan. 


tips-jadi-vlogger-dari-youtuber


Sebenarnya aku sudah lama pakai ketiga sabun Harmony, Medicare dan Lervia. Jaman SMP, saat belum terlalu booming sabun cair, Harmony sempat selalu ada di kamar mandi rumah. Sering kali bungkusnya tidak dibuang, mengikuti cara nenek, dulu aku selalu masukan sapu tangan ke bungkus sabun Harmony. Varian aromanya orange satsuma, strawberry alpine, grape sparkling, apel fuji, lemon citrus, melon honeydew.

Untuk sabun medicare jujur aku belum pernah coba, tapi jika dilihat termasuk sabun anti bakteri dan lebih cocok untuk yang senang beraktivitas olahraga atau outdoor. Ada lima varian terdiri dari energic red, lemon fresh, active blue, powerful black, cool blue. Akutu kan orangnya rumahan dan senang perawatan jadi ya gitu deh. 

Sekarang aku prefer sabun cair dibanding batang. Awal aku kenal Lervia dari mama yang selalu menyediakan stok sabun ini di rumah. Bentuk sabunnya cukup unik. Jadi di dalam botolnya ada dua cairan sabun, sabun dengan ekstrak susu kambing dan sabun dengan tiga aroma yang lembut, yaitu madu, avocado dan rose. Favoritku tentu saja madu dan avocado.

So, bagaimana cara kamu atur mood? Badewey, jangan lupa juga untuk ikutan Healthy Zona Daily Vlog Competition yang berhadiah puluhan juta rupiah. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di www.healthyzona.com.

Instagram
@harmonyindonesia_
@medicareindonesia_
@lerviaindonesia_

Facebook
Harmony Indonesia
Medicare Indonesia
Lervia Indonesia 





No comments

Terima Kasih telah membaca. Silahkan tinggalkan komentar, gratis. Untuk saat ini, komentar dimoderasi. So, komentar spam, link hidup, atau komen nge-gas, otomatis terhapus. Ditunggu kunjungannya kembali XOXO.