CARA MERAWAT KULIT BAYI MENURUT JENIS KULIT

Ungkapan "kulit mulus seperti kulit bayi" ternyata tidak sepenuhnya benar karena beragam masalah kulit juga sering dialami bayi sejak lahir hingga masa pertumbuhan. Walaupun sudah punya pengalaman menangani kulit Harumi, ternyata aku masih kelimpungan menangani kulit Hamiz yang kering, gampang kemerahan karena iritasi dan sering digaruk saking gatalnya.

cara-merawat-kulit-bayi-menurut-jenis-kulit


Kondisi kulit Hamiz yang sangat kering, bersisik dan gampang gatal membuatku lebih selektif memilih produk bayi untuknya. Pernah saking desperadonya  gonta ganti produk bayi bahkan minyak telon pun dapat buat kulit Hamiz iritasi aku stop penggunaan produk bayi apapun kecuali sabun & shampoo bayi. 


Alhamdulillah awal Desember kemarin aku dapat kesempatan menghadiri acara Mustela Indonesia yang bertema Kenali Jenis Kulit Bayimu di IMBEX JCC. Acara tersebut diisi oleh dua narasumber, yaitu bapak Muhammad Nurhadi selaku brand manager Mustela Indonesia dan dr. Reisa Broto Asmoro selaku brand ambassador Mustela Indonesia. Dari acara tersebut aku mendapatkan beberapa fakta yang menarik. 

Fakta unik soal kulit bayi


Kenapa bayi gampang banget menderita iritasi kulit dan kemerahan?

Iritasi dan kemerahan sering terjadi akibat kondisi kulit bayi yang kurang tahan terhadap faktor lingkungan seperti cuaca, udara, kelembaban, detergent, baju dan lainnya.


Selain kondisi kulit bayi yang berbeza - beza, menurut penelitian yang dilakukan Mustela pada kulit 200 bayi selama lebih dari 10 tahun, ternyata kulit bayi berumur nol hingga dua tahun mempunyai perbedaan mendasar dibanding kulit dewasa.

lapisan pelindung kulit bayi masih belum matang dan rapuh sehingga harus dijaga dengan baik.
Kulit bayi dibawah dua tahun juga cenderung memiliki kering, sehingga perlu terus dijaga kelembapannya sejak lahir.
Fakta lainnya, kulit bayi kaya akan stem cell yang berperan untuk regenerasi kulit dan nantinya akan menurun karena faktor luar seperti polusi, sinar UV, bahan kimia dan lain - lain.

Terakhir, tentu sadja, bayi terlahir dengan jenis kulit yang berbeda.

Jenis kulit bayi

Tidak hanya orang dewasa yang memiliki jenis kulit yang berbeda - beda. Bayi pun ternyata jenis kulit dengan gejala yang berbeda - beda, diantaranya:

Kulit normal dengan ciri - ciri lembut, lembab dan bersih.
Kulit kering dengan ciri - ciri kasar, bersisik dan kadang terkelupas. Jenis kulit kering dapat muncul karena beberapa faktor seperti genetik, kebersihan lingkungan maupun penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok.
Kulit atopik dimana tekstur kulit bayi terasa sangat kering, sering muncul bercak merah, terasa gatal, biasanya karena terdapat faktor genetik.

Sebagai orangtua, penting sekali untuk mengetahui jenis kulit bayi agar kita bisa memberikan perawatan yang terbaik untuk si kecil.

Tips memilih produk perawatan bayi

cara-merawat-kulit-bayi-menurut-jenis-kulit


Ternyata apa yang aku lakukan di masa lampau dengan menghentikan semua produk bayi kurang tepat juga. Karena setiap bayi mempunyai kulit yang berbeda, maka jenis perawatannya pun berbeda pula. Jadi hal pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan memilih perawatan bayi tentunyamengenali jenis kulitnya.


Jika Harumi memiliki kulit yang normal, maka Hamiz dari ciri-ciri yang disebutkan diatas memiliki kulit atopik. Gatal yang dialami Hamiz diduga karena cuaca Depok yang panas sehingga Hamiz seringkali mengalami biang keringat.

Kedua adalah mengetahui kebutuhan dan cara perawatan sesuai jenis kulit bayi. Kulit kering membutuhkan perawatan untuk mengembalikan kelembaban kulitnya. Kulit normal hanya perlu dijaga dan dirawat kelembutan dan kelembaban kulitnya sementara untuk kulit atopik membutuhkan perawatan khusus untuk mengobati dan mengembalikan kulit sehatnya.
Ketiga adalah kenali brandnya. Penting bagi kita untuk mencari tau sebelum memutuskan untuk menggunakan produk tersebut pada kulit bayi.

Rangkaian Mustela Bebe yang sesuai jenis kulit


cara-merawat-kulit-bayi-menurut-jenis-kulit


Beruntung banget Mustela mempunyai produk perawatan kulit bayi yang spesifik untuk masing - masing jenis kulit dengan menambahkan formula dan bahan aktif yang berbeda untuk menjawab kebutuhan 3 jenis kulit bayi diantaranya:



1. Kulit normal, mustela menggunakan Avocado Perseose yang efektif melindungi kulit bayi dari pengaruh lingkungan serta menjaga stem cell epidermis pada kulit bayi.


2. Kulit kering, Mustela menggabungkan Avocado Perseose dengan Dermo-Nutrition Complex untuk mengembalikan kelembaban dan kelembutan kulit si kecil.


3. Kulit atopik atau eksim, Mustela Stelatopia series menggunakan Avocado Perseose dan Sunflower Oil Distillate yang sudah teruji klinis aman dan efektif untuk merawat kulit atopik.


Secara garis besar Mustela menggunakan bahan aktif Avocado Perseose yang berasal dari Peru dan Afrika Selatan. Avocado Perseose sendiri sudah dipatenkan Mustela untuk digunakan pada semua line produk Mustela Bebe. 

Perawatan kulit normal 


Rangkaian produknya terdiri dari perlengkapan mandi dan perawatan kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit.
Perlengkapan mandinya terdiri dari:

- 2 in 1 Cleansing Gel
- Foam Shampoo for Newborns
- Gentle Cleansing Gel
- Gentle Shampoo
- Multi-sensory Bubble Bath


Perawatan kulit bayi berupa :

- Hydra Bebe Facial Cream
- Massage Oil
- Soothing Chest Rub
- Multi-sensory Bubble Bath
- Hydra Bebe Body Lotion


Selain itu terdapat pula 1 2 3 Vitamin Barrier Cream yang merupakan diaper cream dari Mustela dan berfungsi untuk mencegah iritasi pada setiap pergantian diapers.


Perawatan kulit kering

Produk untuk kulit kering terdiri dari dua rangkaian perawatan kulit dan penglengkapan mandi yang berfungsi untuk menghaluskan dan melembabkan kulit bayi.



Perlengkapan mandi untuk kulit kering

- Gentle Soap with Cold Cream – Nutri-protective
- Nourishing Cleansing Gel with Cold Cream


Sementara lini skincarenya terdiri dari :
- Nourishing Cream with Cold Cream untuk wajah
- Nourishing Lotion with Cold Cream

Perawatan kulit atopik


Sama seperti dua jenis kulit lain, terdiri dari dua rangkaian perawatan kulit dan perlengkapan mandi yang bermanfaat untuk mengembalikan kondisi kulit eksim bayi agar tetap sehat.

Jenis produk Mustela Stelatopia antara lain adalah perlengkapan mandi yang terdiri dari:

- Stelatopia Cleansing Cream
- Stelatopia Milky Bath Oil, dipakai saat sedang kemerahan atau dermatitis atopik atau eksim sedang menyerang

Dan juga rangkaian skincare berupa:
- Stelatopia Emollient Balm
- Stelatopia Emollient Cream


cara-merawat-kulit-bayi-menurut-jenis-kulit

Review pemakaian mustela hydra bebe

Sudah kurang lebih tiga minggu, aku coba pakaikan Hamiz varian Hydra Bebe Lotion dan Cleansing Gel. Memang sebenarnya varian ini untuk kulit normal. Tapi kulit Hamiz tidak bereaksi negatif sama kedua produk ini. 

Biasanya kalau produknya tidak cocok atau terlalu harsh, kulit Hamiz bereaksi jadi semakin bersisik dan mengelupas. Pernah juga jadi tidak bisa tidur karena memerah dan gatal. Tapi alhamdulillah hal itu tidak terjadi saat Hamiz dipakaikan produk ini.

Busa yang dihasilkan Cleansing gelnya tidak terlalu banyak, tapi pas. Setelah dibilas tidak membuat kulit Hamiz jadi ketarik-tarik. Menurut aku yang paling berperan besar ini Hydra Bebe Lotionnya karena buat kulit Hamiz jadi tidak terlalu kasar lagi. Kedepannya mungkin aku bakal coba pakaikan varian Skelatopia yang cocok untuk kulit atopik.

Selain perawatan khusus spesifik sesuai jenis kulit, Mustela juga mempunyai produk lainnya yang dapat dinikmati oleh semua bayi seperti Mustela Nourish Cleansing Water dan Sunscreen. 

Menurut Bapak Nurhadi, cleansing water ini solusi saat berpergian dengan bayi. Cleansing water juga alternatif lain dari tisu basah yang jika salah penyimpanan dan lembab rentan terdapat bakteri.

Aku penasaran dengan seri sunscreennya karena sunscreen dari Mustela ini sudah SPF 50 dan water resistant. Cocok banget untuk Hamiz dan Harumi yang aktif dan gampang berkeringat.

Rangkaian produk Mustela ini dapat ditemukan secara online dan offline di Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, Baby Shop terdekat, orami.com dan juga JDID.

Untuk informasi lebih lanjut dapat dicek di social media Mustela

Website   : www.mustela.co.id
Instagram: @mustelaindonesia
Facebook : Mustela Indonesia

So, apakah ebok - ebok disini sudah mengetahui jenis kulit bayinya masing-masing? #ApaJenisKulitBayimu ?

www.febifebiany.com

1 comment

Terima Kasih telah membaca. Silahkan tinggalkan komentar, gratis. Untuk saat ini, komentar dimoderasi. So, komentar spam, link hidup, atau komen nge-gas, otomatis terhapus. Ditunggu kunjungannya kembali XOXO.